Destinasi Wisata Bandung yang Unik Dan Wajib Untuk Dikunjungi

Jika sedang penat dan stres dengan rutinitas harian yang padat, berarti sudah waktunya Anda berlibur. Kota Bandung bisa menjadi opsi yang ideal, terutama bagi Anda yang berdomisili di sekitar Ibukota. Inilah rekomendasi destinasi wisata Bandung untuk menghabiskan akhir pekan Anda.

Daftar Tempat Wisata Bandung Terunik dan Paling Hits

Destinasi Wisata Bandung yang Unik Dan Wajib Untuk Dikunjungi

Bandung populer sebagai destinasi liburan karena menyediakan objek wisata yang komplit. Anda bisa memilih untuk berwisata alam, wahana, kuliner, belanja, dan lain-lain. Beberapa opsi tempat wisata yang paling populer berikut mungkin bisa menjadi ide menarik.

Wisata Alam Bandung

  • Ranca Upas

Di Ciwidey tidak hanya ada Kawah Putih, tetapi juga Ranca Upas sebagai tujuan wisata alam. Kawasan tersebut telah ditetapkan sebagai Balai Konservasi Penangkaran Rusa untuk melindungi habitat satwa cantik itu.

Atraksi wisata favorit di sini adalah memberi makan rusa dengan wortel atau piknik di camping ground Ranca Upas. Anda juga bisa berkemah di sini dengan menyewa tenda seharga Rp 150.000,00, serta membayar Rp 10.000 per orang.

Di dalam kawasan bumi perkemahan ini  juga ada pemandian air panas alami yang dapat dinikmati untuk mengusir hawa dingin.

  • Air Panas Nagrak

Wisata hot spring di Tanah Air sebenarnya tidak kalah dengan tempat wisata luar negeri seperti Jepang. Ini karena kita juga mempunyai kolam-kolam air panas alami dengan panorama yang sangat indah. Salah satunya adalah Nagrak, tempat wisata Bandung Barat yang semakin ramai dikunjungi.

Kolam air panas ini terbentuk dari aliran sumber air belerang Gunung Tangkuban Perahu yang menuju ke sungai. Aliran tersebut kemudian dibendung dan oleh masyarakat setempat digunakannya untuk berendam sambil menikmati pemandangan alam pegunungan. Sungguh kemewahan yang luar biasa.

Penduduk setempat juga percaya belerang yang terkandung dalam sumber air panas itu manjur untuk mengatasi pegal-pegal dan penyakit kulit.

  • Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu konon adalah tempat menikmati sunrise terbaik di kota Bandung. Bukan sekadar melihat matahari terbit seperti biasa, melainkan sambil berbaring di hammock yang digantungkan di ketinggian.

Ide wisata hammock ini dicetuskan masyarakat setempat yang berniat melestarikan Gunung Hawu dari praktik penambangan batu kapur. Pengelola juga menjalin kerjasama dengan komunitas panjat tebing lokal untuk menyediakan atraksi wisata yang berhubungan dengan olahraga tersebut.

Di sini Anda bisa belajar lebih dalam tentang aktivitas menantang itu sekaligus mencobanya dengan didampingi instruktur professional.

Wisata Kuliner Bandung

  • Bumbu Desa

Tidak lengkap rasanya jika bepergian ke Bandung dan tidak mencoba wisata kulinernya. Jika Anda ingin mencicipi hidangan tradisional Bandung paling original, Bumbu Desa adalah tempat terbaik.

Menu andalan restoran ini adalah ikan gurame goreng atau bakar dan sayur asem lengkap dengan sambal cobeknya. Selain itu ada pula kuliner tradisional olahan daging sapi dan ayam yang menggugah selera.

  • Nasi Kalong

Tentu saja bukan hidangan yang terbuat dari daging kelelawar/kalong yang ditawarkan di sini, melainkan karena nasinya yang berwarna kehitaman. Ini memang ciri khas restoran yang tak pernah sepi pengunjung ini. Warna hitam tersebut berasal dari kluwek yang dicampurkan saat menanak beras merah.

Tetapi tenang, kalau Anda tak berselera dengan olahan tersebut, ada nasi putih biasa yang bisa jadi pilihan. Untuk lauknya Anda bisa memilih menu ayam goreng lezat yang banyak difavoritkan.

Wisata Belanja Bandung

  • Pasar Baru Trade Center

Anda bisa menuntaskan hasrat berbelanja produk-produk fashion terbaik dengan harga terjangkau di Pasar Baru Trade Center. Selain harganya terjangkau, produk yang tersedia di sini juga merupakan trend terkini.

Obyek wisata belanja ini sering disamakan dengan Mangga Dua Jakarta karena banyaknya toko grosiran. Meski demikian Anda tetap diperbolehkan membeli secara ecer tetap dengan harga bersahabat.

Pasar Baru Trade Center cocok sebagai tempat berbelanja oleh-oleh untuk para sahabat yang tidak bisa bergabung pada traveling Anda kali ini.

  • Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Walaupun lebih pas dikatakan sebagai obyek wisata budaya, tetapi Anda juga bisa berbelanja buah tangan unik di sini. Ini misalnya alat music angklung, ikat kepala batik, miniature angklung, aksesoris berbentuk angklung, gantungan kunci, sampai hiasan dinding.

Sementara atraksi wisata utama di Saung Angklung Udjo adalah menyaksikan pertunjukan seni serta berpartisipasi dalam workshop belajar bermain angklung.

Obyek Wisata Taman Hiburan Bandung

  • Panama Park 825 Bandung

Walaupun tergolong obyek wisata baru, tetapi theme park yang satu ini semakin naik daun di kalangan anak muda. Icon utama taman bermain ini adalah wahana bermain salju (Snow Park) yang dilengkapi mesin khusus untuk membuat salju sungguhan.

Panama Park diklaim sebagai obyek wisata wahana yang terbesar di Bandung. Berbagai permainan lain yang siap Anda nikmati di tempat ini adalah, LED Interactive Room, Game Master, Party Room, dan lain-lain.

  • Taman Asia Afrika

Obyek wisata taman di Bandung memang sudah banyak, tetapi hanya Taman Asia Afrika yang menyimpan kenangan luar biasa. Tujuan dibangunnya tempat liburan ini memang untuk mengenang peristiwa bersejarah Konferensi Asia Afrika 1955.

Selain menikmati berbagai atraksi wisata, Anda juga sekaligus dapat menambah wawasan tentang peristiwa besar tersebut. Di Taman KAA Anda dapat melihat dari dekat patung tokoh-tokoh negarawan dan bendera negara yang memprakarsai KAA.

  • Bandung Champion City

Inilah obyek wisata terbaik untuk buah hati Anda yang ingin bermain peran. Ajak Si Kecil untuk mewujudkan cita-cita Anda di Bandung Champion City. Di sini mereka bisa menjadi news anchor, polisi, dokter, pemadam kebakaran, sampai astronot, lengkap dengan atribut profesinya.

Berdiri di atas lahan seluas 10.000 m², ada 78 wahana yang ditawarkan untuk merepresentasikan ratusan profesi impian anak-anak.

Wisata Instagramable Bandung

  • Orchid Forest Cikole

Tempat wisata Instagramable ini menyimpan koleksi 157 spesies anggrek dari berbagai negara. Aktivitas liburan yang dapat dinikmati di sini adalah outbound, bersantai di cafe corner, dan wisata eko-edukasi yang berhubungan dengan bunga anggrek.

Untuk para penghobi fotografi atau mereka yang suka dipotret, taman anggrek ini menyediakan spot-spot foto bernuansa alami untuk Anda. Jangan lupa upload di akun Instagram dan lihat berapa likes yang Anda dapatkan.

  • Kampung Korea (Little Seoul Bandung)

Pesona Korea rasanya tak ada habisnya di mata masyarakat Indonesia. Untuk menuntaskan keinginan berlibur ke negeri Ginseng yang belum kesampaian, Anda bisa berkunjung ke Kampung Korea Bandung.

Terletak sekitar 4 km dari Stasiun Bandung, obyek wisata ini cukup mudah dijangkau. Sesuai nama yang disematkan, di sini Anda dapat menikmati atmosfer negara Korea yang mengingatkan pada tampilan Dongdaemun Street.

Ada  gedung-gedung cantik, pohon plum, sampai papan petunjuk bertuliskan huruf Korea persis seperti pada serial drama televisi. Jangan lupa mencicipi aneka jajanan kaki lima, seperti corndog, tteokbokki, bibimbap, dan lain-lain.

Nah, destinasi wisata Bandung mana yang paling menarik menurut Anda? Selamat berlibur!

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id