Cara Memperpanjang Paspor dan Biayanya

Bagi Anda yang sering atau senang bepergian ke luar negeri, keberadaan paspor menjadi sangat penting dan tidak bisa tergantikan. Jika masa berlaku paspor Anda sudah tinggal enam bulan, maka inilah saatnya melakukan perpanjangan. Untuk itu, pastikan Anda tahu cara memperpanjang paspor.

Sebenarnya, istilah perpanjangan paspor kini sudah tidak digunakan lagi, dan website resmi Kantor Imigrasi pun sudah mulai menggunakan istilah penggantian paspor. Selama paspor lama tidak hilang atau rusak, maka proses penggantian paspor ini cukup mudah.

Cara Memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi

Cara Memperpanjang Paspor dan Biayanya

Sebagai warga negara yang baik, mematuhi segala peraturan, termasuk membawa dokumen resmi saat bepergian memang penting. Permohonan perpanjangan paspor bisa dilakukan oleh seseorang yang memiliki kewarganegaraan Indonesia, baik tinggal di Indonesia maupun di luar negeri. Saat ini proses pembuatan dan perpanjangan paspor sudah dibuat jadi semakin mudah.

Syarat Dokumen Yang Harus Dibawa

Sebelum melakukan langkah apapun untuk memperpanjang paspor, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Syarat perpanjang paspor expired saat ini sama saja dengan yang masih berlaku. Dokumen yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

Untuk paspor yang diterbitkan sebelum tahun 2009, silahkan siapkan dokumen ini:

  • E-KTP atau surat keterangan yang menyatakan pindah domisili ke luar negeri.
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Akta kelahiran, buku nikah, surat baptis, atau ijazah
  • Untuk orang asing yang telah menjadi WNI melalui pewarganegaraan, bawalah surat pewarganegaraan Indonesia.
  • Paspor lama
  • Apabila pernah berganti nama, bawalah surat penetapan ganti nama yang resmi dari pejabat berwenang.

Sementara itu, jika paspor Anda diterbitkan pada tahun 2009 atau setelahnya, cukup bawa E-KTP dan paspor lama. Lebih mudah, bukan? Jika yang akan diperpanjang adalah paspor untuk WNI di bawa usia 17 tahun, maka dokumen untuk syarat perpanjangan paspor anak adalah:

  • E-KTP ibu atau ayah, atau surat keterangan pindah domisili ke luar negeri.
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Buku nikah orang tua
  • Paspor lama
  • Apabila pernah berganti nama, bawalah surat penetapan ganti nama yang resmi dari pejabat berwenang.

Bawalah semua dokumen asli yang dibutuhkan dan sediakan pula fotokopinya di kertas A4 (tanpa dipotong).

Mendapatkan Nomor Antrian Secara Online

Setelah memastikan semua berkas sudah siap, saatnya Anda melakukan pendaftaran antrian secara online. Dulu, saat masih hanya bisa perpanjang paspor manual, orang-orang harus mengantri sejak pagi hingga berjam-jam hanya sekedar untuk mendapatkan nomor antrian. Jika jatah antrian dalam hari itu ternyata habis, mereka pun harus pulang dengan tangan kosong.

Namun sekarang tidak lagi, karena antrian sudah bisa didapatkan via online. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Layanan Paspor Online di smartphone. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk Android dan Apps Store bagi para pengguna iPhone dan iPad.
  2. Kalau belum pernah mendaftarkan akun di aplikasi ini sebelumnya, buat akun baru dengan Facebook atau Google.
  3. Isilah semua data pada formulir pendaftaran akun dengan benar. Kalau sudah sesuai, pilih Daftar.
  4. Anda tidak perlu menanti email verifikasi. Buka lagi aplikasi, lalu masuklah dengan username dan password yang sudah didaftarkan.
  5. Pilih Kantor Imigrasi mana yang ingin dituju, lalu pilih waktu kunjungan. Jangan lupa mengisikan jumlah pemohon, karena masing-masing akun bisa mendaftarkan maksimal lima pemohon dengan ketentuan empat pemohon lainnya adalah anggota keluarga dan terbukti terdaftar dalam satu Kartu Keluarga (KK).
  6. Isikan data semua pemohon yang didaftarkan, lalu ikuti seluruh proses di aplikasi sampai selesai.
  7. Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan mendapatkan antriannya. Apabila aplikasi ini sedang tidak bisa diakses, maka Anda bisa melakukan proses yang sama di antrian.imigrasi.go.id/LayananBeta.
Mekanisme Penerbitan Paspor

Harus diingat, bahwa setelah mendapatkan jadwal kunjungan dan antrian paspor, maka penting untuk datang ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal dan tepat waktu. Karena jika tidak, akan berlaku status pembatalan permohonan, dan Anda baru bisa mengajukan antrian lagi satu bulan kemudian.

Di Kantor Imigrasi, Anda akan melalui beberapa proses dalam mekanisme penerbitan paspor, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan kelengkapan dokumen yang Anda siapkan dan keabsahan persyaratan
  2. Pembayaran biaya paspor
  3. Pengambilan foto dan sidik jari
  4. Wawancara, biasanya terkait tujuan Anda ke luar negeri dan sebagainya.
  5. Verifikasi
  6. Adjudikasi

Biaya Perpanjangan (Penggantian) Paspor

Terkait biaya, harga penggantian penerbitan paspor sama dengan saat Anda membuat paspor baru, yaitu Rp350.000,00 untuk paspor biasa 48 halaman dan Rp650.000,00 untuk paspor biasa 48 halaman elektronik. Jika Anda membutuhkan paspor segera untuk keesokan harinya, maka Anda bisa membayar Rp1.000.000,00 untuk percepatan. Paspor akan selesai pada hari yang sama.

Jika ingin mengganti paspor biasa ke paspor elektronik, maka prosesnya pun sama. Syarat penggantian paspor biasa ke e paspor adalah dengan membayar Rp650,000,00.

Meskipun demikian, harus diingat bahwa biaya ini berlaku jika paspor lama Anda tidak rusak atau hilang. Jika rusak, maka penggantian paspor akan dikenakan biaya Rp500.000,00. Sedangkan bila paspor hilang, maka Anda akan dikenai denda sebesar Rp1.000.000 untuk penggantian.

Cara Memperpanjang Paspor di Mal Pelayanan Publik Jakarta

Apabila saat ini Anda tidak sedang berada di kota asal tempat pembuatan paspor dulu, maka jangan khawatir. Perpanjang paspor bisa dimana saja, dalam artian bisa dilakukan di Kantor Imigrasi yang berlokasi di kota manapun, walaupun Anda tak tinggal di kota tersebut. Misalnya apabila tanda pengenal adalah KTP Yogyakarta, Anda bisa memperpanjang paspor di Jakarta atau kota lain.

Apalagi, kini Anda tak harus ke Kantor Imigrasi pusat, karena perpanjang paspor di Mall Pelayanan Publik juga bisa dilakukan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambillah antrian online dengan cara yang sama seperti dijelaskan di atas.
  2. Datanglah ke Kantor Imigrasi Mall Pelayanan Publik yang berlokasi di HR Rasuna Said.
  3. Isilah formulir aplikasi data, lalu berikan dokumen yang dibutuhkan, untuk ditukar dengan tanda terima serta kode pembayaran.
  4. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan melalui sesi foto, pengambilan sidik jari, dan juga wawancara.

Anda akan diberi informasi terkait kapan paspor jadi dan bisa diambil.

Disiplin Memperpanjang Paspor, Mudahkan Perjalanan Anda

Mengapa harus memperpanjang paspor sekitar 6 bulan sebelum masa berlakunya habis? Faktanya, banyak negara yang membuat syarat khusus untuk pengunjung, yaitu memegang paspor yang berlaku setidak-tidaknya 6 bulan. Oleh karena itu, disiplin memeriksa masa berlaku paspor Anda dan memperpanjangnya pada saat yang tepat memang sangat penting.

Membawa paspor yang masa berlakunya masih cukup lama akan membuat Anda tenang sepanjang perjalanan. Berkeliling ke berbagai negara tak lagi sulit selama syarat administrasi bisa Anda penuhi dengan baik. Pastikan setiap dokumen atau berkas identitas selalu valid.

Kini cara memperpanjang paspor biasa sudah semakin mudah. Maka jangan lupa untuk melakukannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selamat memanfaatkan paspor Anda!

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id