Cara Booking Hotel Syarat dan Ketentuannya

Baik saat liburan ataupun melakukan perjalanan bisnis, Anda tentu sering membutuhkan hotel sebagai salah satu akomodasi. Apalagi, proses untuk memesan dan menginap di hotel saat ini sudah semakin mudah. Ada banyak pilihan cara booking hotel yang menguntungkan dan bisa dilakukan dengan cepat.

Kali ini, akan dijelaskan berbagai cara memesan hotel dari jauh-jauh hari dan juga cara memesan hotel langsung. Perhatikan juga tentang cara check out hotel yang mungkin berbeda antara satu hotel dengan yang lain.

Manfaat Melakukan Booking Hotel

Cara Booking Hotel Syarat dan Ketentuannya

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan booking hotel, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memberikan ketenangan, karena Anda sudah tahu akan menginap dimana pada saat melakukan perjalanan. Ini penting, karena terkadang hotel sudah penuh pada hari-hari tertentu. Dengan demikian, jika langsung datang tanpa memesan terlebih dahulu, Anda mungkin harus kecewa karena kamar sudah habis dan harus mencari-cari hotel lain.

Mendapatkan harga yang lebih murah saat promo. Pemesanan dari jauh-jauh hari biasanya dihargai lebih murah daripada saat Anda pesan di hari H.

Bisa membandingkan fasilitas terlebih dahulu. Sebelum memesan hotel, Anda masih punya waktu dan kesempatan untuk membandingkan fasilitas-fasilitas yang bisa didapatkan. Kalau datang langsung, tentu Anda tidak sempat melakukan hal ini.

Cara Booking Hotel Dengan Mudah

Untuk memesan hotel, ada banyak cara yang bisa dilakukan, Silahkan pilih satu diantara beberapa cara sederhana berikut ini.

  • Lewat Telepon

Jika sudah ada hotel tertentu yang dituju, Anda bisa menelpon resepsionis untuk melakukan pemesanan. Sebelum memesan, tanyakan dulu beberapa hal penting seperti jenis kamar, fasilitas yang akan didapatkan, berapa harga kamarnya, serta apakah makan pagi termasuk dalam harga yang disampaikan.

Kalau sudah merasa cocok dengan fasilitas dan harga yang ditawarkan, baru lakukan pemesanan. Pihak hotel akan menyampaikan ketentuan dan cara pembayaran yang berlaku. Ada hotel yang mengijinkan Anda melakukan pembayaran pada saat kedatangan, tapi sebagian besar mengharuskan pembayaran via transfer.

  • Melalui Website

Sekarang ini sudah banyak hotel berbintang yang memanfaatkan website mereka untuk menerima reservasi secara online. Caranya, cukup kunjungi website resmi hotel tersebut, lalu masukkan tanggal check in dan check out yang diinginkan. Masukkan jumlah orang yang akan menginap, termasuk jumlah dan usia anak yang akan diajak (bila ada).

Website hotel kemudian akan menampilkan pilihan kamar yang tersedia pada tanggal tersebut, beserta harga dan fasilitasnya. Anda bisa memilih kamar yang sesuai, lalu melanjutkan dengan proses pembayaran sesuai dengan ketentuan pihak hotel. Salah satu keuntungan melakukan reservasi langsung di hotel adalah adanya kemungkinan mendapatkan harga member atau potongan harga lain.

  • Menggunakan Aplikasi Online

Jika Anda belum memiliki keinginan khusus untuk menginap di salah satu hotel, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi travel online untuk mencari hotel terbaik. Anda tinggal memasukkan  tanggal check in dan check out, lalu di aplikasi tersebut akan tertera fasilitas kamar hotel dan harganya.

Kelebihan penggunaan aplikasi booking hotel online ini adalah Anda bisa membandingkan secara langsung harga kamar antara hotel dengan mudah. Selain itu, cara pembayaran juga lebih banyak, misalnya dengan transfer via ATM, mbanking, ibanking, atau melalui minimarket online terdekat.

  • Bekerjasama Dengan Travel Agent

Jika Anda sudah bekerjasama dengan travel agent tertentu, maka biasanya hotel akan langsung dipesankan dan termasuk dalam paket traveling yang dipilih. Meskipun demikian, jika merasa tidak cocok dengan hotel yang akan dipesan, sampaikan saja bahwa Anda ingin melakukan penggantian hotel.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan Booking Hotel

Setiap hotel memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Ada baiknya, sejak awal Anda memperhatikan hal ini agar tidak terjadi kesalahan pada proses pemesanan. Simak ulasannya berikut ini.

  • Terkait Pembayaran

Saat memesan hotel, tanyakan dengan baik terkait kebijakan pembayaran. Ada yang mengharuskan penggunaan kartu kredit, dan ada juga yang bisa menggunakan transfer antar rekening biasa. Demi keamanan, pastikan Anda hanya transfer ke rekening atas nama perusahaan, bukan perorangan.

  • Mengenai Pengembalian Dana (Refund)

Sebelum melakukan reservasi hotel, cek dulu apakah ada kebijakan khusus terkait pembatalan. Ada hotel yang menerapkan pengembalian penuh dengan syarat pembatalan dilakukan maksimal 14 hari sebelum tanggal yang dipesan. Namun ada juga yang tidak memiliki kebijakan refund sama sekali, sehingga uang akan hangus apabila terjadi pembatalan karena alasan apapun.

  • Tanyakan Syarat Dokumen

Ada hotel yang mensyaratkan reservasi hotel dengan menyertakan foto KTP, dan akan dicocokkan dengan KTP asli Anda saat check in. Namun ada juga yang tidak mewajibkan penunjukan KTP. Biasanya KTP harus ditunjukkan untuk menghindari adanya penyalahgunaan kamar hotel, dan masuknya buronan atau pelaku kejahatan lainnya.

  • Kenali Tentang Deposit Hotel dan Biaya Tambahan

Tahukah Anda apa itu deposit hotel? Beberapa hotel mewajibkan Anda menyetorkan sejumlah uang pada saat check in. Uang ini akan dikembalikan utuh pada saat check out, apabila tidak ada kerusakan atau kehilangan pada barang hotel. Namun jika terbukti ada, maka deposit akan berkurang sesuai dengan jumlah kerugian.

Tanyakan juga fasilitas apa yang sudah termasuk dalam biaya, dan apa saja yang membutuhkan biaya tambahan. Tentu Anda tak ingin dikejutkan dengan biaya tambahan tak terduga pada saat check out, bukan?

Cara Check in Hotel Secara Langsung

Jika tidak sempat melakukan reservasi sebelumnya, Anda tetap bisa menginap dengan cara check in hotel secara langsung. Namun ini bisa dilakukan hanya bila memang masih tersedia kamar kosong di hotel tersebut. Jika waktu datang ternyata hotel sedang ramai dan semua kamar telah dipesan, maka Anda harus mencari hotel lain.

Pertama-tama, ketahuilah waktu check in hotel yang Anda tuju, bisa lewat informasi di internet atau langsung bertanya pada resepsionis. Pada saat waktu check in dimulai, Anda bisa langsung menanyakan kamar yang tersedia dan melakukan pembayaran. Beberapa hotel memiliki fasilitas early check in, sehingga Anda bisa masuk kamar lebih awal dengan syarat tertentu.

Pada saat check in, jangan lupa tanyakan bagaimana prosedur check out hotel. Dengan demikian, Anda tahu jam berapa Anda harus check out dan seperti apa caranya.

Booking Hotel Dengan Mudah, Perjalanan Jadi Lancar

Demikian berbagai informasi tentang cara melakukan reservasi hotel. Reservasi ini penting agar perjalanan Anda tidak terganggu hanya karena kesulitan menemukan hotel yang kamarnya bisa dipesan sesuai dengan budget yang disiapkan.

Sekarang sudah banyak cara booking hotel secara online, sehingga sebaiknya Anda tidak melewatkan kesempatan untuk melakukan reservasi meskipun harus mendadak. Tidak harus dari jauh hari, jika memang Anda baru tahu harus menginap sore ini juga, maka pagi harinya bisa langsung mencari kamar hotel yang tersedia dan melakukan reservasi. Ini masih lebih baik daripada langsung datang pada saat check in.

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id