13 Tempat Wisata di Bali yang Hits dan Paling Populer

Bali masih jadi objek wisata idaman semua orang, bahkan hingga wisatawan mancanegara. Terlebih lagi saat musim panas, semua tempat wisata di Bali akan penuh dengan wisatawan, baik lokal maupun luar negeri.

Semua orang ingin menikmati keindahan pulau dewata saat musim terbaiknya. Bahkan banyak review tempat wisata di bali yang menarik dan sayang dilewatkan begitu saja. Jangan khawatir kalau mau solo traveling, ada banyak tempat yang ramah wisatawan dan cocok jadi tempat liburan.

13 Wisata di Bali Paling Favorit

13 Tempat Wisata di Bali yang Hits dan Paling Populer

Berencana memesan paket wisata di Bali, coba lihat lagi list tempat yang akan dikunjungi. Pastikan tempat wisata di bawah ini masuk dalam daftar itinerary selama berada di Bali.

1. Pantai Kuta

Destinasi wajib saat berkunjung ke Bali, Pantai Kuta tidak pernah sepi bahkan cenderung penuh saat musim panas. Pengunjungnya bahkan didominasi wisatawan mancanegara yang datang sekadar berjemur hingga berselancar. Pantai paling terkenal di Denpasar dan sangat mudah ditemukan.

Tempat wisata di Bali Denpasar yang iconic dan tidak boleh dilewatkan, bahkan kurang afdol ke Bali kalau tidak ke Pantai Kuta. Selain menikmati keindahan pantai dan bermain air, ada banyak kuliner hingga pusat oleh-oleh khas Bali.

2. Pura Tanah Lot

Lokasi menikmati sunrise terbaik dan jadi objek wisata paling ramai di pagi hari, bahkan didominasi wisatawan lokal dan mancanegara. Pura yang berada di batu karang ini memang sangat populer, dimana hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat sembahyang atau pemujaan para dewa.

Berlokasi di Beraban kecamatan Kediri, Tabanan, Bali. Disarankan hanya mendekat ke pura saat air surut saja, pasalnya kalau pasang debit air cukup deras. Wisatawan juga diharapkan menghormati acara keagamaan saat berlangsung dan tidak mendekat.

3. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Taman wisata budaya yang hingga kini belum juga usai, Karya besar I Nyoman Nuarta ini merupakan patung Garuda Wisnu Kencana dengan ukuran sangat besar. Sekalipun belum selesai, jumlah pengunjung tempat ini tidak pernah berkurang, karya seni yang belum selesai ini juga tetap bisa dinikmati.

Berlokasi di Ungasan, kecamatan Kuta,  Badung, Bali, GWK masih satu kompleks dengan Garuda Wisnu Kencana Culture Park. Bukan hanya melihat patung GWK, bisa eksplore teater seni dan melihat banyak kesenian khas Bali.

4. Pura Uluwatu

Terkenal jadi tempat sakral mengikat janji suci, ternyata di pura uluwatu memang jadi tempat religius di Bali. Tidak jarang bahkan dijadikan sebagai acara keagamaan, uniknya Anda akan menemukan banyak kera yang konon katanya menjaga kesucian di Pura tersebut.

Pura yang berlokasi di Pecatu, Badung, Bali ini berada di atas tebing dan menjorok ke laut. Pemandanganya sangat indah, apalagi kalau datang di pagi dan sore hari. Semua wisatawan boleh datang kemari namun sebaiknya menggunakan sarung atau selendang, ini diberikan di pintu depan pura.

5. Mandala Wisata Wenara Wana (Monkey Forest Ubud)

Tempat wisata di ubud yang jadi salah satu tempat iconic Bali karena jadi sarangnya kera. Semua kera hidup bebas dan bisa berdampingan dengan manusia, bahkan penduduk Bali membiarkan kera tersebut hidup secara liar di alam bebas di hutan Sangeh.

Hutan ini memang terkenal dengan kera yang hidup bebas, jadi tidak disarankan membawa makanan atau minuman, kecuali akan dibagikan pada kera yang ada disana. Keunikan tersendiri ada pada pohonya, bahkan ada pohon yang menyerupai alat kelamin manusia.

6. Pantai Sanur

Pantai yang paling cocok untuk menikmati sunrise di Bali, bahkan jadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Bali dengan pesawat terbang. Pasalnya Pantai Sanur hanya berjarak sekitar 10 KM atau perjalanan sekitar 20 menit saja dari Bandara Ngurai Denpasar.

Pantai yang cocok untuk suasana santai, piknik dengan keluarga dan menikmati keindahan alam. Debur ombak juga tidak terlalu besar namun terdapat banyak batu karang sehingga tidak bisa mendekat ke arah pantai. Aktivitas populer disini biasanya jogging di pinggir pantai, bermain pasir hingga snorkeling.

7. Pantai Pandawa

Pantai pasir putih yang kini populer di Bali, keindahannya tidak kalah dengan Pantai Kuta dan Pantai Sanur yang lebih populer. Anda akan menikmati wisata air di bali yang lebih mempesona sekaligus eksotis dan terkesan sangat alami.

Garis pantai lebih bersih, bibir pantai yang cocok untuk piknik keluarga dan masih terjaga kebersihannya. Bukan sekadar nama Pandawa saja, disini ada 5 patung ksatria Pandawa secara lengkap. Aktivitas air yang bisa dilakukan bermain air, berselancar hingga menikmati pijat refleksi langsung dengan view pantai.

8. Desa Penglipuran

Desa wisata yang banyak tampil di televisi, terletak di ketinggian 700 mdpl di desa Bangli, ini jadi destinasi wisata Bali sesungguhnya. Desa yang sejuk, nyaman dan tenang, bahkan sangat kental dengan adat Bali.

Terlihat dari penampakan rumah, penduduk sekitar yang masih menggunakan pakaian adat dan tetap beraktivitas seperti biasanya. Bahkan bisa menikmati jadi orang Bali dengan menginap di rumah penduduk setempat, waktu berkunjung terbaik biasanya di musim kemarau saat ada banyak kegiatan kebudayaan.

9. Bali Safari & Marine Park

Taman Safari Indonesia 3 jadi wisata di gianyar yang unik dan menantang, pasalnya memberikan sensasi berada di alam dengan penuh binatang di malam hari. Jika di kebun binatang hewan yang berada di kandang, kali ini pengunjung yang masuk ke kandang dan berkeliling kebun binatang.

Terdapat 400 lebih satwa asli dari Indonesia, India hingga Afrika. Banyak sekali edukasi, sensasi berada di alam liar saat malam hari. Bahkan kalau sedang beruntung bisa melihat langsung harimau makan dan memangsa makanan secara langsung di alam.

10. Danau Beratan

Danau ikonic ini selalu muncul saat pembukaan film, drama atau iklan. Landmark Bali yang menampilkan keindahan dan keseimbangan Bali, jangan heran kalau terdapat pura di tengah danau yaitu Pura Ulun Danu.

Pura yang masih aktif digunakan sebagai kegiatan keagamaan namun diperbolehkan wisatawan untuk masuk dan melihat sekitarnya. Tinggal naik perahu atau speedboat yang bersandar di tepi danau, Anda bisa menikmati keindahan pura di tengah danau.

11. Pantai Tegal Wangi

Tempat wisata di Jimbaran yang tidak boleh dilewatkan, keunikan tempat ini ada pada panorama alam yang masih eksotis dengan banyak pepohonan hijau yang terbentang luas. Pantai ini cukup tersembunyi dan masih jadi hidden paradise hingga kini.

Akses menuju pantai kurang bagus karena melewati bebatuan kapur dan sangat rapuh. Perjalanan dari tempat parkir cukup jauh dan tidak disarankan membawa anak-anak. Waktu kunjungan terbaik di sore hari untuk menikmati sunset.

12. Pura Besakih

Pura terbesar di Bali yang berada di kaki Gunung Agung, jadi tempat wisata di karangasem sekaligus untuk acara keagamaan Hindu. Pura yang unik dengan memadukan keseimbangan alam yang disebut Tri Hita Karana, keseimbangan akan Tuhan, Alam dan Manusia.

Sekalipun terbuka untuk umum, wisatawan tidak bisa masuk ke area pura saat ada acara keagamaan. Aksesnya juga cukup dibatasi namun tidak akan mengurangi keindahannya, berfoto di sekitar pelataran tetap terlihat eksotis dan khas Bali. Saat akses masuk diberikan, maka wisatawan harus menggunakan sarung tangan yang dipinjamkan di pintu masuk pura.

13. Pasar Sukawati

Saat ingin mencari oleh-oleh khas Bali, sebaiknya datang ke Pasar Seni Sukawati. Berlokasi di Sukawati, Gianyar, Bali. Pasar ini terkenal menjual banyak oleh-oleh khas Bali dengan harga terjangkau dan cocok untuk semua kalangan.

Oleh-oleh yang dijual seperti kerajinan tangan, pakaian hingga lukisan. Harganya juga terbilang terjangkau dan Anda tetap bisa menawarkan selayaknya belanja di Pasar, namun transaksi masih menggunakan uang cash saja.

Mulai atur list wisata di Bali yang wajib di kunjungi, beberapa tempat di atas jelas jadi rekomendasi utama, apalagi kalau baru pertama kali datang ke Bali. Jangan sampai melewatkan banyak spot menarik, mulai dari wisata alam, kesenian hingga eksplore keindahan Bali sesungguhnya.

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id