Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Selain PC dan laptop,smartphone kini sudah semakin jamak menjadi tempat untuk menyimpan aneka file, termasuk video dan foto. Sesekali kita mungkin membuat kesalahan menghapus sebuah file tanpa sengaja pada ponsel. Jangan panik dulu karena ada cara mengembalikan file yang terhapus di Android yang dapat Anda coba.

Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Ponsel Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Selain karena ketidaksengajaan bisa saja file penting pada ponsel terhapus karena SD Card yang corrupt, atau masalah teknis lainnya. Syukurlah kebanyakan smartphone keluaran baru selalu dilengkapi fitur data recovery. Nah, inilah beberapa solusi yang dapat dicoba.

  • File “disembunyikan” virus

File yang tiba-tiba hilang bisa terjadi karena serangan virus, jadi bukan gara-gara terhapus. Untuk mengeceknya masuklah pada “File Manager”. Klik menu “Setting” dan arahkan pada “Advanced”. Terakhir, klik “Show Hidden Files” untuk memunculkan kembali file yang hilang.

Untuk menghindari agar masalah ini tak terulang adalah dengan mengatasi pemicu utamanya, yaitu virus. Anda banyak tutorial untuk itu di internet.

  • Cloud Recovery

Bisa saja ternyata ponsel Anda dilengkapi backup Cloud, misalnya Dropbox, OneDrive, atau Google Photos. Untuk mencarinya, klik ikon yang terletak di kotak pencarian atau search bar.

Berikutnya klik “Trash” untuk memperlihatkan file yang berpindah ke tempat sampah. Untuk mengembalikannya ke lokasi semula pilih file yang Anda inginkan dan klik “Restore”.

  • SD Card

Untuk melacak lokasi file Anda yang lenyap, cobalah menggunakan program recovery SD Card dengan PC/laptop. Cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal Android melalui PC yang cukup ampuh adalah dengan software recovery Recuva.

Tentu saja Anda harus mengunduh dan menginstalnya dahulu pada PC.

  • Rooting

Rooting dapat dilakukan jika file tersebut tersimpan dalam memori internal smartphone, alih-alih SD Card. Untuk ponsel yang masih baru metode ini tidak direkomendasikan karena garansi produk menjadi tak berlaku.

Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Ponsel Menggunakan Aplikasi

Jika cara-cara di atas tidak berhasil Anda bisa mencoba cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa PC berikut. Google Play menyediakan beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda.

  • Dumpster

Dumpster dapat diumpamakan sebagai Recycle Bin pada PC. Keunggulan aplikasi ini adalah sangat user friendly dan mempunyai banyak fitur yang berguna. Inilah langkah-langkah menggunakan Dumpster.

  1. Akses aplikasi pada smartphone dan pilih jenis file yang ingin di-restore. Opsi lainnya adalah dengan mengklik “All” agar semua file yang terhapus dikembalikan ke tempatnya.
  2. Sistem akan melakukan pemindaian dan akan terlihat file-file yang sebelumnya dihapus.
  3. Untuk mengembalikan file yang terhapus, pilih file dimaksud lalu klik “Restore”.
  4. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya berguna jika sudah terpasang pada ponsel Anda sebelum insiden file tak sengaja terhapus.
  • ES File Explorer

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengembalikan berbagai jenis file, baik dokumen, video, music, atau gambar. ES File juga dilengkapi fitur Recycle Bin untuk mengembalikan file yang hilang. Begini cara menggunakannya.

  1. Klik “menu” setelah membuka aplikasi pada ponsel Anda.
  2. Akses “Recycle Bin” dan aktifkan dengan menggeser panelnya.
  3. Bila suatu saat ada file yang hilang pada smartphone Anda, tinggal akses saja “Recycle Bin” dan cari file Anda pada folder tersebut.
  • Video Recovery

Video Recovery adalah aplikasi paling direkomendasikan sebagai cara mengembalikan video yang terhapus di Android. Hebatnya sistem pada aplikasi ini bekerja tak hanya pada memori internal, tetapi juga pada perangkat  memori eksternal SD Card. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu:

  1. Buka aplikasi dan klik pada “Menu Recovery” serta “Also Recovery in SD Card”.
  2. System akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk melakukan pencarian. Setelah proses selesai seluruh file yang hilang akan kembali pada lokasi semula secara otomatis.
  • Deleted Photo Recovery

Jika file yang hilang adalah foto, aplikasi ini solusi terbaik untuk mengatasinya. Deleted Photo Recovery dapat mengembalikan foto yang terhapus tanpa akses root, baik pada internal memory atau pun SD Card. Inilah cara menggunakannya.

  1. Aplikasi ini mengembalikan file foto Anda dengan memindai direktori beserta sub direktori smartphone Anda.
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk memindai tergantung pada luas ruang penyimpanan pada perangkat.
  3. Setelah pemindaian foto-foto yang hilang akan kembali terlihat pada tempatnya semula.
  4. Deleted Photo Recovery hanya dapat digunakan untuk memulihkan file bertipe png, jpeg, dan jpg. Artinya Anda tidak dapat merestore file video atau dokumen dengan aplikasi ini.
  • Restore Image (Super Easy)

Sesuai judulnya, aplikasi ini berfungsi untuk memulihkan foto yang terhapus tanpa sengaja. Untuk menggunakan Restore Image Super Easy ini Anda tak perlu me-rooting ponsel dahulu.

Jika memilih layanan gratis tentu akan diselingi iklan sebagaimana aplikasi lainnya. Anda bisa memilih versi premium untuk menggunakan layanan tanpa gangguan. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut!

  1. Unduh aplikasi ini pada Playstore.
  2. Pilih folder yang tadinya adalah lokasi file foto yang hilang.
  3. Tunggu proses pemindaian selesai dan Anda tinggal memilih foto yang ingin dikembalikan.
  4. Klik “Restore Image” untuk memulihkan foto ke lokasi penyimpanan semula.
  • DiskDigger Undeleted (Root)

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus me-rooting ponsel terlebih dahulu. DiskDigger Undeleted dapat melacak foto atau gambar baik pada memori internal maupun tambahan. Untuk menggunakannya, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Perangkat wajib dalam kondisi “Root” sebelum Anda mengunduh aplikasi ini pada Play Store.
  2. Akses aplikasi dan pilih partisi lokasi file yang terhapus untuk dikembalikan.
  3. Aplikasi akan melakukan scanning dan tunggulah sampai proses selesai.
  4. Setelah DiskDigger menampilkan file-file yang hilang, beri tanda centang pada file yang ingin dikembalikan.
  5. Klik “Save” untuk menyimpan file tersebut pada folder yang Anda kehendaki.

Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Ponsel Menggunakan PC

Seperti yang telah disinggung sebelumnya ada cara mengembalikan file yang terhapus di hp Vivo, Oppo, atau merk lainnya menggunakan PC. Inilah aplikasi yang disarankan!

  • Recuva

Performa aplikasi ini cukup bagus dengan kemampuannya mengembalikan semua jenis file yang terhapus nyaris tanpa gagal. Setelah menginstal aplikasi ini jangan lupa menyiapkan kabel data yang kompatibel dengan ponsel Anda. Begini cara menggunakannya.

  1. Setelah download Recuva pada PC Anda hubungkan ponsel dengan PC tersebut.
  2. Akses aplikasi dan pilihlah “All File” atau untuk membatasi pemindaian, pilihlah jenis file yang ingin dipulihkan.
  3. Pilih lokasi untuk menyimpan file.
  4. Beri tanda check pada “Enable Deep Scan” dan klik “Start”.
  5. Jika file yang hilang sudah terdeteksi, centang file dan klik kanan lalu klik “Recover Checked”.
  6. Pilih dimana Anda ingin menyimpan file tersebut dan klik “Oke”.
  7. File yang telah dikembalikan tersebut dapat Anda simpan pada komputer atau dikembalikan ke smartphone.

Selain Recuva, beberapa software pelacak file lainnya yang juga cukup membantu adalah Dr.Fone dan Wondershare MobileTrans. Keduanya hanya dapat digunakan melalui PC atau laptop.

Nah, demikianlah cara mengembalikan file yang terhapus di Android yang cukup sederhana dan bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)

Loading...

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2021. All Rights Reserved. Seputar.id