Cara Lapor Penipuan Online dengan Mudah

Cara lapor penipuan online sebenarnya tidak sesulit bayangan Anda. Proses yang harus dilakukan juga tidak terlalu panjang, serta tidak dipersulit. Hanya saja, sebelum melaporkan tindak penipuan online Anda harus tahu berbagai hal seputar penipuan online.

Hal ini supaya ketika Anda melaporkannya, laporan Anda akan diproses dengan cepat karena semuanya sesuai. Sama seperti tindak pidana lain, penipuan online juga memiliki tata cara atau aturan pelaporan perkara.

Jenis-Jenis Penipuan Online

Cara Lapor Penipuan Online dengan Mudah

Apakah yang Anda alami termasuk penipuan online?

Informasi di bawah ini akan membahas jenis-jenis mengenai penipuan online. Jadi, apabila Anda merasa mengalami hal di bawah ini, silahkan bersiap-siap untuk melaporkan.

  • Email Phishing

Apakan Anda pernah membaca pengalaman melaporkan penipuan online dimana korban tertipu karena sebuah email?

Jika iya, kasus ini dinamakan dengan email phising. Inti dari email phising adalah berpura-pura berasal dari lembaga atau perusahaan tertentu yang meminta Anda untuk membayar sejumlah uang.

Sebagian kasus, mereka berpura-pura sebagai perwakilan dari layanan jasa yang Anda gunakan. Lalu, mereka memberi tahu bahwa Anda belum membayar layanan bulan ini, dan meminta untuk segera mentransfer uang.

Tentu saja, email yang mereka gunakan bukan email asli, melainkan email buatan sendiri.

Kasus lain, umumnya merupakan penipuan yang membuat Anda secara tidak sengaja memberikan informasi login. Caranya adalah dengan memberikan Anda tautan link untuk diklik, dan meminta Anda untuk login disana. Dari sini, data pribadi dan akun yang Anda miliki akan dicuri.

  • Penipuan Jual Beli

Penipuan jual beli barang tampaknya menjadi yang paling sering akhir-akhir ini. Nominalnya juga beragam, bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah, lenyap begitu saja.

Biasanya penipuan jenis ini terjadi karena transaksi dilakukan tanpa pihak ketiga. Misalnya saja hanya antara penjual dan pembeli, nah setelah pembeli mentransfer uang, penjual tiba-tiba menghilang.

Tidak jarang juga penjual mengirimkan barang yang tidak tepat seperti dijanjikan. Bahkan, ada pula yang mengirim barang rusak dan kemudian mengklaim bahwa yang mereka kirim tidak rusak.

  • Penipuan Lowongan Pekerjaan

Penipuan lowongan pekerjaan biasanya tidak terang-terangan menipu. Mereka menggunakan trik tertentu yang membuat orang putus asa menginginkan pekerjaan menjadi tertarik.

Cara yang mereka gunakan untuk menipu dalam hal ini adalah transfer uang transportasi dan akomodasi. Penipu akan menghubungi Anda dan memberitahu bahwa Anda diterima bekerja. Akan tetapi, posisi pekerjaan yang akan Anda dapatkan berada di luar pulau.

Berangkat dari hal itu, kemudian penipu meminta Anda untuk mengirimkan sejumlah uang. Mereka akan mengatakan bahwa uang tersebut untuk transportasi dan akomodasi selama melakukan tes kerja. Di awal, Anda akan diiming-imingi bahwa segala biaya tes akan diganti setelah Anda selesai.

Padahal, setelah Anda transfer uang dan konfirmasi, seketika itu mereka akan menghilang. Sebagian ada pula yang tetap memberikan tiket, hanya saja tiket perjalanan yang diberikan palsu dan tidak bisa digunakan.

  • Penipuan Undian Berhadiah

Jenis penipuan satu ini sebenarnya sangat mudah untuk dibuka kebohongannya. Anda tinggal memeriksa nomor telepon pengirim saja, pasti bukan dari nomor resmi. Kemudian, cek website yang mereka cantumkan, kebanyakan menggunakan alamat gratisan, dan web tidak berisi apapun.

  • Penipuan Pulsa

Penipuan satu ini sepertinya paling sering terjadi, setuju? Walaupun nominalnya tidak besar, akan tetapi rasanya hampir semua orang pernah mengalaminya.

Modus pelaku beragam, ada yang mengaku kenalan, ada pula yang mengaku kerabat.

  • Penipuan Pencucian Uang

Penipuan jenis ini tidak jarang yang menipu adalah orang luar negeri. Mereka mengaku memiliki dana di suatu tempat, akan tetapi tidak bisa mengambilnya. Penipu akan meminta bantuan Anda untuk mengambil uang tersebut dengan cara meminjam rekening Anda.

Pihak pelaku biasanya menjanjikan sejumlah imbalan apabila uang berhasil masuk ke rekening Anda, dan kemudian diberikan pada mereka.

Target dari penipuan jenis ini biasanya para pekerja online melalui situs-situs freelancer. Pada awalnya mereka seakan-akan ingin menggunakan jasa Anda, akan tetapi kemudian beralih ingin menggunakan rekening yang Anda miliki.

Apabila Anda sampai tergiur, bukan saja Anda terlibat pencucian uang, tetapi uang Anda juga menghilang.

Itu dia beberapa jenis penipuan online yang marak terjadi hingga kini. Apabila Anda mengalami salah satu dari hal diatas, jangan segan-segan melaporkannya pada pihak berwajib. Meskipun nominalnya kecil, asal Anda tahu cara melaporkan penipuan uang ke polisi, uang Anda masih mungkin kembali.

Syarat Melaporkan Penipuan online

Sebelum masuk ke cara melaporkan penipuan ke polisi, Anda harus tahu syarat apa yang Anda perlu lengkapi.

Berikut syarat-syarat yang harus Anda lengkapi apabila kan membuat laporan penipuan ke polisi,:

  1. Mengumpulkan bukti chat
  2. Melampirkan bukti transaksi
  3. Menunjukan bukti transfer dalam teks percakapan
  4. Tahu alamat rekening penipu
  5. Membawa data diri dengan lengkap

Syarat-syarat yang dibutuhkan sangat mudah bukan?

Asal Anda masih mempunyai semua hal di atas maka kasus penipuan yang Anda alami bisa diproses. Selanjutnya mari kita bahas cara melaporkan penipuan uang yang dialami.

Cara Melaporkan Penipuan Online

Ada beberapa cara untuk melaporkan penipuan online. Anda bisa melaporkannya secara langsung ke kepolisian, atau melalui online.

  • Cara Melaporkan Penipuan Online Secara Langsung

Untuk melaporkan penipuan secara langsung, tentunya Anda harus datang langsung ke kantor polisi.

  1. Datang langsung ke kantor kepolisian
  2. Melapor ke bagian SPKT
  3. Menunggu laporan untuk disetujui
  4. Registrasi Administrasi Penyidikan

Sampai tahap ini laporan Anda selesai dan tinggal menunggu hasil penyidikan dari kepolisian saja. Akan tetapi, apabila Anda ingin uang kembali lebih cepat atau melakukan pemblokiran nomor rekening, tetap masih bisa.

Cara melaporkan penipuan online agar uang kembali yaitu dengan melaporkannya pada bank. Sampai pada tahap registrasi administrasi penyidikan, mintalah surat pengantar untuk melakukan pemblokiran ke bank Anda.

Sesampainya di bank, langsung hubungi customer service dan nyatakan tujuan Anda beserta bukti dan pengantar dari kepolisian. Sampai disini biasanya bank Anda akan menghubungi bank pelaku dan melakukan pemblokiran.

Apabila pelaku masih memiliki saldo, maka saldo dari pelaku akan dimutasi ke rekening Anda sesuai jumlah kerugian. Apabila tidak, maka hanya pemblokiran saja.

Apabila rekening diblokir, pelaku tidak bisa lagi menggunakan rekening tersebut. Untuk membukanya pelaku harus mengembalikan kerugian korban, atau meminta korban untuk mencabut laporannya.

  • Cara Melaporkan Penipuan Online Lewat Online

Cara melaporkan penipuan ke polisi secara online ada 2 cara.  Pertama melalui email cybercrime@polri.go.id dan kedua melalui website cekrekening.id.

Sebenarnya Anda juga bisa melaporkan melalui lapor.go.id, hanya saja website tersebut bukan khusus untuk laporan penipuan online.

Apabila Anda ingin mengirim email melalui cybercrime@polri.go.id, pastikan langsung pada sasaran. Tidak perlu berbelit-belit, dan sertakan semua bukti yang Anda miliki. Selanjutnya tinggal menunggu kabar dari pihak kepolisian mengenai laporan Anda.

Sementara apabila Anda ingin melaporkan penipuan online melalui www.cekrekening.id, caranya sedikit berbeda. Meskipun keduanya sama-sama mudah seperti cara di bawah ini :

  1. Membuka website www.cekrekening.id
  2. Pilih bank yang dimiliki penipu
  3. Ketikan nomor rekening penipu
  4. Unggah bukti-bukti yang diperlukan
  5. Kirim laporan Anda

Sangat mudah bukan untuk melaporkan penipuan online yang terjadi pada Anda? Semoga setelah Anda mengetahui cara lapor penipuan online yang dialami, Anda tidak diam saja. Silahkan laporkan apa yang terjadi, agar tidak penipuan online tidak semakin marak dan menelan banyak korban.

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id