Struktur Organisasi Perusahaan: Pengertian, Jenis & Fungsi

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi. Model struktur organisasi perusahaan berbeda satu dengan yang lain. Masing-masing jenis memiliki karakteristik tersendiri dan bisa diaplikasikan untuk kebutuhan tertentu.

Apa itu struktur organisasi perusahaan dan tugasnya atau fungsinya bagi jalannya perusahaan?

Pada ulasan di bawah ini, akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian, jenis dan juga fungsi dari struktur organisasi pada perusahaan.

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan: Pengertian, Jenis & Fungsi

Struktur organisasi merupakan fungsi dasar manajemen untuk membawa perusahaan menuju tujuan atau target yang sudah ditetapkan. Struktur organisasi perusahaan adalah sebuah susunan jabatan yang menunjukan hirarki.

Selain menunjukan hirarki jabatan, struktur organisasi juga mendefinisikan alur informasi dan tugas kerja. Pada sebuah struktur organisasi akan ada pembagian departemen yang memungkinkan untuk mengelompokan tugas dan mengatur alur informasi.

Tugas dan kewajiban dijabarkan pada masing-masing komponen perusahaan. Dengan demikian, perusahaan bisa berjalan dengan baik.

Fungsi Struktur Organisasi Pada Perusahaan

Struktur organisasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:

  • Menunjukan Hirarki

Pada struktur organisasi, hirarki akan ditunjukan secara jelas. Struktur organisasi secara jelas menunjukan siapa atasan dan siapa bawahan. Struktur ini bahkan bisa menunjukan hingga unit terkecil.

Hal ini bisa membantu dalam hal pembagian kewenangan. Pendelegasian tugas juga bisa lebih teratur. Pihak mana yang bisa diajak berkoordinasi terkait pekerjaan juga bisa lebih jelas.

Bagi pimpinan, adanya struktur organisasi bisa memudahkan dalam melakukan pengawasan. Bagi karyawan, jalur hubungan dan kemana harus mempertanggung jawabkan pekerjaan bisa lebih jelas.

Alur informasi juga bisa runtut dan tepat sasaran. Jika struktur organisasi ini berjalan dengan baik, miss communication akan minim terjadi.

  • Membantu Dalam Pengambilan Keputusan

Jika hirarki jelas, pengambilan keputusan juga bisa relevan. Siapa pemangku keputusan pada masing-masing bagian sudah jelas. Dengan demikian pengambilan keputusan bisa segera dilakukan.

  • Membantu Dalam Pembagian Tim Kerja

Struktur organisasi juga bisa mendefinisikan pembagian tim kerja. Setiap karyawan akan dibagi dalam sebuah departemen, proyek, atau suatu wilayah. Setiap bagian atau tim ini akan diberikan tanggung jawab masing-masing.

Karyawan bisa lebih fokus dalam bekerja karena tanggung jawab pekerjaannya jelas. Pihak perusahaan juga lebih mudah dalam penempatan SDM. Setiap bagian memiliki kriteria pekerjaan tertentu, pihak perusahaan tinggal menyesuaikan skill SDM untuk ditempatkan pada bagian yang tepat.

Tim kerja yang terbagi dengan baik akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Strategi bisa diterapkan dengan lebih optimal. Tujuan atau sasaran dari perusahaan bisa lebih mudah dicapai.

  • Membantu Pertumbuhan Perusahaan

Dengan struktur organisasi yang tepat, setiap pekerjaan akan ditangani oleh orang yang sesuai dengan kemampuannya. Target perusahaan bisa tercapai dengan baik. Dengan demikian, pertumbuhan perusahaan bisa terus menanjak.

Para karyawan bisa memahami peluang karir di perusahaan jika struktur organisasinya jelas. Hal ini bisa memotivasi karyawan. Karyawan akan bekerja lebih keras sehingga perusahaan akan mendapatkan dampak positifnya.

Jenis Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki bentuk bisnis, skala bisnis, dan kebutuhan operasional tertentu. Satu perusahaan dengan yang lain membutuhkan struktur organisasi yang berbeda tergantung dengan hal-hal tadi.

Berikut beberapa jenis struktur organisasi perusahaan dengan karakteristiknya masing-masing.

  • Struktur Organisasi  Fungsional

Dalam perusahaan akan ada unit-unit kerja dengan fungsi masing-masing. Setiap unit kemudian diisi oleh manajer sebagai penanggung jawab dan karyawan yang dipekerjakan sesuai kapasitasnya di unit tersebut.

Setiap perusahaan memiliki pembagian unit kerja yang berbeda. Namun pembagian unit kerja yang umum dimiliki perusahaan adalah: Departemen Produksi, Sales & Digital Marketing, Personalia, Keuangan, dll.

Struktur organisasi perusahaan startup dan struktur organisasi perusahaan dagang biasa menggunakan jenis ini untuk menjalankan usahanya. Namun tidak sedikit jenis usaha lain yang menggunakan struktur organisasi ini.

Kelebihan struktur organisasi fungsional adalah pengawasan yang bisa lebih mudah dilakukan dan adanya peluang pengembangan spesialisasi karyawan. Tapi jarak antar divisi menjadi sedikit jauh, hal inilah kekurangan dari jenis ini.

  • Struktur Organisasi Divisional

Unit kerja di perusahaan akan dikelompokan menjadi unit yang lebih kecil. Pembagian unitnya dilihat dari kesamaan produk, jasa, pasar, maupun letak geografis. Perusahaan menengah hingga perusahaan besar cenderung menggunakan struktur organisasi divisional.

Hal ini karena kemudahan pengelolaan. Namun sayangnya jenis ini cukup memerlukan biaya operasional yang tinggi.

  • Struktur Organisasi Lini

Atasan tertinggi memiliki garis komando langsung pada bawahan, bahkan pada jabatan paling rendah. Dengan kata lain, pemimpin tertinggi berwenang mengatur seluruh unit kerja.

Hal tersebut bisa menjadi kelebihan dan kelemahan. Komando dari satu orang bisa lebih efisien. Namun akan ada ketergantungan pada satu sosok dalam pengambilan keputusan.

Karenanya jenis struktur organisasi ini umum digunakan untuk usaha kecil seperti bengkel, toko bangunan, rumah makan, dll.

  • Struktur Organisasi Lini dan Staff

Ini adalah pengembangan dari struktur organisasi lini. Pemimpin masih memegang komando namun pimpinan tidak memiliki hubungan langsung dengan bawahan. Pimpinan dibantu oleh beberapa staf dalam rangka memberikan saran maupun data informasi.

Jenis ini cocok diaplikasikan sebagai struktur organisasi perusahaan kecil. Bentuknya sederhana dan bisa memenuhi seluruh fungsi.

  • Struktur Organisasi Matriks

Struktur organisasi matriks menggabungkan prinsip pada struktur organisasi fungsional dan struktur organisasi divisional. Dengan penggabungan ini, kelemahan pada masing-masing jenis struktur organisasi akan ditutupi.

Struktur organisasi ini umum diberlakukan pada sebuah proyek. Struktur organisasi divisional akan terbentuk dengan adanya proyek perusahaan. Karyawan dari struktur organisasi fungsional kemudian akan bekerja pada pelaksanaan proyek tersebut.

Nantinya karyawan akan memberikan laporan pada kepala unit kerja divisional selaku dan juga kepala unit kerja fungsional.

Karena kompleksnya sistem organisasi matriks, jenis ini digunakan untuk perusahaan yang berskala besar. Perusahaan berskala internasional biasanya juga menggunakan jenis ini.

Meski sudah menggabungkan dua jenis struktur organisasi dan diharapkan seluruh kelemahan bisa ditambal, bukan berarti jenis struktur organisasi matriks tidak memiliki kelemahan.

Ketika karyawan diminta melaporkan pada dua pimpinan, hal ini bisa membingungkan bagi mereka. Karyawan jadi memiliki tuntutan ganda dan beban kerja lebih.

  • Struktur Organisasi Lini dan Fungsional

Struktur kepemimpinannya dilakukan oleh beberapa orang secara kolektif. Setiap pemimpin mempertanggungjawabkan pekerjaannya pada komite. Setiap anggota komite memiliki spesialisasi dan menjalankan tugas fungsional masing-masing.

Walaupun kepemimpinan dilakukan secara kolektif, tetap ada hirarki dalam suatu komite. Ada pimpinan komite yang memiliki kewenangan lini, dan anggota komite lainnya yang menjalankan tugas manajerial. Jenis ini biasa diterapkan pada sekolah.

Kelebihan dari jenis ini adalah penggunaan musyawarah oleh anggota komite dalam rangka pengambilan keputusan. Namun, pada struktur organisasi ini rawan terjadi pelimpahan tanggung jawab dan saling melemparkan tanggung jawab saat terjadi masalah.

Menentukan model struktur organisasi perusahaan tidak bisa sembarangan. Supaya kinerja perusahaan bisa lebih efektif, perlu dipilih struktur organisasi yang tepat. Kirannya ulasan di atas berguna dan memberikan pengetahuan baru bagi Anda.

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id