Inilah 8 Cara Mengatur Keuangan Usaha agar Tidak Rugi

Memulai dan mengelola usaha baru dalam skala kecil tentunya membutuhkan berbagai trik dan cara agar usaha dapat berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan yang maksimal. Kebijakan serta keefektifan dalam cara mengatur keuangan usaha Anda sangat menentukan keberhasilan usaha yang dikelola.

Umumnya, uang dan modal masih merupakan prioritas utama dalam usaha baru tersebut. Itulah sebabnya kemampuan untuk mengelola keuangan usaha dagang secara profesional sangat diperlukan demi kelangsungan dan keberhasilan usaha tersebut.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola usaha Anda tersebut, termasuk diantaranya dengan menyewa professional untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha Anda.

Namun, jika Anda belum memiliki cukup dana untuk menyewa seseorang dengan kemampuan tersebut, Anda dapat melakukannya sendiri terlebih dahulu. Tips dan cara di bawah ini dapat membantu Anda untuk mengelola usaha dengan baik dan memaksimalkan potensi keuntungan Anda.

Cara Mengatur Keuangan Usaha agar Tidak Rugi

Inilah 8 Cara Mengatur Keuangan Usaha agar Tidak Rugi

Berikut beberapa cara dan tips praktis yang dapat Anda lakukan untuk kemajuan usaha Anda dan potensi mendapatkan keuntungan yang maksimal:

  • Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Usaha

Berapa banyak diantara kita yang rekening pribadi dan rekening usahanya masih sama dalam satu rekening? Hal ini tidak sehat dan tidak baik bagi usaha Anda karena berbagai alasan Adalah lebih baik jika Anda membuat rekening terpisah untuk usaha Anda sekalipun Anda baru merintis usaha tersebut dan masih tebilang usaha kecil-kecilan.

Ketika Anda mengalami kesulitan dengan usaha yang Anda rintis, hindari untuk menggunakan dana pribadi untuk menyelamatkan usaha Anda tersebut. Hal ini hanya akan menciptakan masalah dan kekacauan yang harus Anda hadapi di kemudian hari.

Pastikan bahwa Anda selalu membuat budget pribadi dan bajet usaha Anda secara terpisah. Jangan pernah menggunakan dana maupun kartu kredit pribadi Anda untuk membayar tagihan usaha kecil-kecilan Anda dan sebaliknya.

  • Buat Perencanaan Secara Umum

Merencanakan program serta rencana usaha untuk periode waktu tertentu sangat penting untuk Anda lakukan sebagai cara mengelola keuangan perusahaan secara efektif. Anda dapat membuat perencanaan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Pastikan bahwa Anda membuat penghitungan secara detail tentang dana yang dibutuhkan untuk melakukan program yang sudah Anda rencanakan tersebut. Selain itu, waktu untuk memulai dan menyelesaikan program juga harus jelas. Hal ini akan membantu Anda dalam mencapai target usaha dan keuntungan usaha Anda.

  • Maksimalkan Pembukuan Keuangan Untuk Pengelolaan Terbaik

Membuat pembukuan untuk semua uang keluar dan uang masuk yang ada dalam usaha Anda wajib untuk Anda lakukan. Cara ini dapat Anda jadikan sebagai cara menyusun manajemen keuangan paling mudah dan sederhana untuk merekam semua pengeluaran dan pemasukan usaha Anda.

Pembukuan semacam ini dapat membantu Anda mengontrol setiap transaksi keuangan usaha Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui jika ada dana yang terselip.

Anda dapat melakukannya dengan membuat pembukuan sederhana secara tertulis. Jika memungkinkan gunakan komputer untuk laporan keuangan yang lebih akurat dan sistematis. Dengan demikian Anda memiliki informasi yang akurat untuk untung rugi dari usaha Anda tersebut selama periode tertentu.

  • Rencanakan dan Buat Budget Rutin Usaha

Usaha Anda akan membutuhkan budget untuk berbagai pengeluaran. Pastikan bahwa Anda menentukan budget untuk setiap pengeluaran tersebut. Budgeting akan membantu Anda dalam menilai efisiensi serta manajemen kinerja usaha Anda.

Usahakan agar budgeting Anda disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari setiap periode yang sedang dihadapi oleh usaha Anda. Lakukan review untuk setiap budgeting yang Anda buat guna perencanaan yang lebih baik di masa-masa selanjutnya.

  • Lakukan Pembayaran Anda Tepat Waktu Setiap Bulannya

Jika membayar tagihan untuk keperluan pribadi Anda secara tepat waktu merupakan salah satu cara mengatur keuangan pribadi Anda, maka Anda juga harus melakukannya untuk keuangan usaha Anda.

Anda sadar bahwa keterlambatan pembayaran seringkali membuat Anda harus membayar biaya denda yang pastinya merugikan Anda walaupun secara nominal terlihat kecil. Namun, bayangkan jika Anda harus membayar biaya-biaya kecil tersebut ke banyak instansi terkait, jumlahnya tentu akan menjadi besar, bukan?

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran tagihan, Anda dapat menyetel pengingat di hp Anda satu atau dua hari sebelum batas akhir pembayaran. Dengan demikian Anda masih memiliki waktu untuk segera menyelesaikan pembayaran tersebut.

  • Lakukan Pengawasan Terhadap Arus Keuangan Usaha Anda

Arus keuangan yang baik dapat memastikan bahwa Anda dapat membayar semua tagihan untuk usaha Anda serta memampukan Anda untuk mengatur keuntungan dan pengeluaran dengan baik. Jika Anda tidak dapat mengawasinya sendiri, Anda dapat menggunakan jasa administrator untuk membantu Anda melakukannya.

Penggunaan software akuntansi juga dapat membantu Anda mengatur arus kas keuangan usaha Anda. Dengan software ini Anda dapat mengatur arus keuangan secara lebih mudah, cepat dan efektif. Laporan yang Anda buat juga lebih mudah dimana data disajikan secara realtime.

  • Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Satu hal yang perlu Anda lakukan terhadap usaha Anda adalah melakukan penghematan dana sebaik mungkin. Usahakan untuk melakukan segala sesuatu dengan dana serendah mungkin tanpa mengurangi kualitas dan hasil.

Anda dapat memilih untuk membeli barang-barang diskon yang kualitasnya sudah terjamin untuk mengurangi pengeluaran. Tidak ada salahnya untuk mencari perabotan kantor bekas dengan kualitas bagus untuk awal usaha Anda.

Anda dapat juga dapat memanfaatkan barang bekas yang ada di lingkungan rumah untuk membuat berbagai alat yang dibutuhkan. Maksimalkan reuse, reduce dan recycle untuk hasil terbaik Anda.

  • Manfaatkan Keuntungan Usaha Untuk Mengembangkan Usaha Anda

Anda memang berhak untuk menikmati setiap hasil jerih payah usaha Anda. Hanya saja, perlu Anda ingat agar tidak menghabiskan seluruh keuntungan yang Anda peroleh dari usaha Anda. Pastikan bahwa Anda menyisihkan keuntungan usaha untuk investasi pada hal-hal yang berguna untuk pengembangan usaha Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan menambah jumlah produk usaha, mengalokasikan dana untuk pemasaran dan promosi agar mendapat pelanggan baru dan penjualan lebih. Keuntungan tersebut dapat juga Anda gunakan untuk menyewa tenaga profesional untuk mengelola bidang tertentu untuk kinerja dan hasil yang lebih efektif dan baik.

Sesuaikan penggunaan keuntungan usaha untuk memaksimalkan keuntungan usaha Anda dengan kondisi dan kebutuhan Anda pada saat itu.

Tidak mudah memang untuk memulai dan mengelola usaha baru agar bisa bertahan bahkan  berkembang menjadi yang terbaik. Namun dengan tekad yang kuat ditambah ilmu dan sarana yang baik serta kinerja yang efektif tentunya Anda dapat membawa usaha Anda tidak hanya bertahan, namun makin berkembang dan menghasilkan keuntungan maksimal. Semoga informasi mengenai cara mengatur keuangan usaha di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id