Cara Memulai Bisnis dari Nol Hingga Sukses

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai dari nol dan akhirnya terus berkembang ke arah yang lebih sukses.  Bisnis tak bisa dibangun instan dan tiba-tiba, semua butuh proses dan kesabaran. Cara memulai bisnis dari awal perlu Anda pelajari agar tidak terkejut dan mandeg di tengah jalan. Bisnis harus dimulai dari bawah sehingga Anda punya pengalaman yang matang.

Tahukah Anda bahwa modal bukanlah masalah bagi para pebisnis mula. Hal paling penting adalah keinginan dan kemampuan bertahan, sebab betapa banyak pebisnis mula yang diberi modal dalam jumlah besar akhirnya gagal dan bangkrut.

Jadi bagaimana cara mengupayakan usaha bisnis dari awal?

Simak caranya berikut:

Memulai dari Apa yang Paling Disukai dan Dikuasai

Cara Memulai Bisnis dari Nol Hingga Sukses

Apa yang paling Anda senangi dan apa yang paling dikuasai adalah modal awal Anda membangun sebuah bisnis yang potensial untuk berhasil. Lupakan dulu soal cara mencari modal uang untuk bisnis yang mungkin masih belum terpikirkan oleh Anda.

Sekarang cobalah kenali lebih dulu hal apa yang paling Anda sukai dan apa yang paling dikuasai.

Sama halnya dengan bekerja, jika Anda melakukan sesuatu yang disukai tanpa dibayar pun Anda akan tetap suka. Saat mengalami kerugian pun Anda tak akan begitu terpukul sebab semuanya Anda senangi. Waktu Anda pun tak habis untuk mempelajari hal yang baru, bisa langsung fokus ke ilmu bisnisnya.

Bekal Pengetahuan Bisnis

Betul, bahwa untuk memulai bisnis tak butuh banyak teori, tetapi mengetahui bagaimana risiko bisnis dan strategi awal bagaimana nantinya Anda bakal mengembangkan bisnis cukup perlu dilakukan.

Cobalah perkuat motivasi Anda memulai bisnis dengan berkumpul bersama para pebisnis yang memiliki visi misi yang sama.

Bergabung dengan komunitas pebisnis, mengikuti seminar, pelatihan dan motivasi bisnis yang akan sangat membantu bekal pengetahuan Anda dalam bisnis.

Riset Pasar

Ide bisnis yang baik biasanya berangkat dari masalah yang ada.

Bagaimana sebuah bisnis bisa hadir guna menjawab masalah dan kebutuhan masyarakat setempat. Bila Anda mampu melakukan hal ini maka bisnis Anda memiliki kemungkinan besar dapat bertahan dan diterima.

Lakukan riset pasar, apa yang menjadi kebutuhan, masalah dari masyarakat yang akan Anda jadikan sebagai target pasar.

Riset ini Anda mungkin butuh waktu lama, tetapi di sinilah bekal pengetahuan Anda akan dipakai, jadi bisnis pun harus pakai ilmu tidak modal asal buka usaha saja.

Menentukan Produk Bisnis

Setelah Anda melakukan riset yang akurat terhadap kebutuhan produk bisnis di pasaran maka saatnya Anda merumuskan produk bisnis yang paling sesuai dan dibutuhkan dengan kondisi pasar. Buat produk yang unik, bisa menjawab kebutuhan pasar dan tidak mudah ditiru oleh kompetitor bisnis Anda.

Merancang Bisnis Plan

Bagi pebisnis pemula yang hanya sekadar berjualan mungkin tak tahu bagaimana pentingnya merancang sebuah bisnis plan untuk kemajuan usaha mereka di masa akan datang. Bisnis plan ini adalah semacam blue print bagaimana Anda menjalankan usaha dengan berbagai konsep, perkiraan dan target-target yang harus dicapai.

Bagaimana jika ada kompetitor, bagaimana strategi marketing, bagaimana Anda mengembangkan bisnis Anda dengan apa, siapa, mengapa, bagaimana dan sebagainya. Bisnis yang ingin dikembangkan secara profesional harus menggunakan konsep bisnis plan di awal.

Fokus dan Sabar

Masalah yang kadang sering muncul bagi mereka yang baru mulai berbisnis adalah tidak sabar dengan kondisi yang ada, akhirnya mencoba sesuatu yang baru dan tidak fokus.

Terlalu banyak memikirkan hal-hal baru yang ingin dikerjakan hingga akhirnya bisnis awalnya gagal diperjuangkan. Bisnis adalah ujian kesabaran dan keuletan, semua perlu diperjuangkan.

Kendala bisnis mungkin akan membuat Anda sedih dan menangis. Jika Anda bisa bertahan maksimal 5 tahun, maka sudah saatnya Anda bangkit dan mengembangkan bisnis Anda tersebut ke kondisi yang lebih baik lagi.

Bagaimana Menemukan Modal Usaha?

Di tahap bisnis mulai berkembang saatnya Anda memikirkan bagaimana menemukan modal usaha yang lebih kokoh. Hal ini penting jika Anda ingin memiliki keuangan yang kokoh selain dari cara manajemen keuangan yang baik.

Cara mendapatkan modal usaha tidak selamanya harus melalui pinjaman, Anda bisa melakukan kreasi lainnya.

Apa itu?

Cobalah berprestasi dalam bisnis, mengikuti kompetisi bisnis yang menawarkan dana-dana hibah gratis tanpa pinjaman. Bekerja dengan seorang investor mungkin juga bisa Anda lakukan jika yakin telah memiliki kemampuan dan manajemen yang baik.

Menggunakan modal pribadi yang besar bagi Anda yang punya cukup dana juga bisa dicoba jika Anda sendiri sudah yakin dengan peluang pasar dan kemampuan yang dimiliki untuk mengelola modal besar.

Evaluasi dan Tingkatkan Kualitas Produk

Bisnis tidak boleh monoton apalagi dalam segi kualitas produk. Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap bisnis Anda yang pada akhirnya akan membuat Anda bisa meningkatkan kualitas produk bisnis.

Cara meningkatkan kualitas produk bisnis bukan hanya dilakukan secara inovatif untuk menjawab kebutuhan pasar yang berubah tetapi juga perlu mempertimbangkan keberadaan kompetitor.

Lihatlah bagaimana perusahaan-perusahaan dunia terus melakukan evaluasi dan memperbaiki kualitas produk dari waktu ke waktu sehingga bisa bertahan hingga ratusan tahun.

Bagaimana dengan bisnis Anda?

Sudahkah Anda memiliki agenda evaluasi secara berkala lalu berupaya meningkatkan kualitas produk?

Justru hal yang sering kita temukan pada pebisnis umumnya adalah kondisi kualitas produk yang justru malah menurun dibandingkan pada saat awal-awal memulai bisnis.

Mengembangkan Bisnis

Bisnis itu harus dikembangkan. Awalnya mungkin hanya Anda kerjakan sendiri, lalu cobalah memiliki karyawan. Karyawan Anda awalnya mungkin hanya satu dua orang, seiring dengan bisnis yang berkembang maka jumlahnya akan bertambah.

Cobalah menjadi pebisnis seutuhnya yang memiliki waktu lebih untuk mengembangkan usaha bisnis Anda tersebut. Kalau selamanya Anda yang jadi karyawan untuk bisnis Anda kapan punya waktu untuk membangun jaringan dan mengembangkan bisnis?

Tugas pemilik bisnis adalah mengembangkan bisnis tersebut bukan habis waktu untuk bekerja.

Membangun Brand yang Kokoh

Pengembangan brand yang kokoh ini bisa Anda konsultasikan dengan ahlinya. Bisa dilakukan sejak awal memulai bisnis dan harus terus dipertahankan. Apabila brand Anda sudah kokoh dan kuat, maka orang akan mengingat dan mencari Anda.

Brand bukan hanya soal logo dan tagline, tetapi bagaimana bisnis Anda bisa masuk ke alam bawah sadar konsumen. Cara membangun brand perlu dilakukan agar bisnis Anda bisa bertahan di tengah suburnya kompetitor bisnis.

Bagaimana bisnis usaha Anda saat ini, sudahkah dilakukan manajemen yang sedemikian rupa agar lebih baik dan berkembang?

Memang untuk jadi pebisnis tak harus Anda memiliki latar belakang pendidikan manajemen ekonomi, tetapi kemampuan manajemen ini akan jadi modal Anda sukses memulai dan bertahan saat bisnis.

Cara memulai bisnis dari bawah bisa diaplikasikan oleh Anda yang sedang semangat mengembangkan bisnis saat ini. Jangan putus asa, tetap sabar dan lakukan inovasi terbaik.

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2021. All Rights Reserved. Seputar.id