Cara Melacak Paket JNE, JNT, POS, TIKI dengan Cepat dan Mudah

Dewasa ini pembelian secara online makin melonjak, terutama di masa pandemic virus corona ini. Salah satu jasa yang memiliki peran penting adalah jawa kurir atau pengantaran paket. Salah satu jasa kurir ternama dan masuk dalam kategori jasa kurir terbesar adalah Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE. Cara melacak paket JNE tentunya merupakan hal yang perlu untuk Anda ketahui untuk melacak pesanan Anda.

Tentu saja ada banyak jasa kurir lain yang berkiprah di dunia perdagangan online kita seperti Pos Indonesia, JNT, Wahana, Tiki, Sicepat dan lain sebagainya. Masing-masing menawarkan kelebihan dan layanan yang berbeda-beda, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara melacak paket dengan berbagai kurir tersebut juga perlu untuk Anda ketahui selain tracking JNE untuk memastikan keberadaan paket pesanan Anda.

Mari kita ulas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk melacak paket JNE dan paket dari kurir-kurir yang lain.

Bagaimana Cara Melacak Paket JNE dengan Cepat dan Mudah?

Cara Melacak Paket JNE, JNT, POS, TIKI dengan Cepat dan Mudah

Pengiriman barang pastinya selalu disertai dengan bukti kirim yang biasa kita kenal dengan resi. Masing-masing pengiriman memiliki no resi yang berbeda-beda. Dengan nomor resi inilah kita dapat melacak pengiriman barang yang kita pesan.

Hal ini tidak hanya berlaku pada kurir JNE saja, melainkan juga jasa kurir lain seperti PT. Pos Indonesia, Sicepat, Tiki, Wahana, JNT dan lain sebagainya.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melacak kiriman JNE:

  1. Melalui Aplikasi Resmi dari JNE yaitu MyJNE

Jika Anda memiliki online shop atau bergerak di bidang penjualan online yang membuat Anda harus selalu mengupdate paket pengiriman Anda, ada baiknya Anda mengunduh aplikasi MyJNE. Dengan aplikasi ini, cara melacak status pengiriman Anda akan terasa lebih mudah dan praktis.

Pahami terlebih dahulu cara pengoperasian aplikasi tersebut. Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan aplikasi ini. Setelah mendaftar, akan ada email verifikasi yang harus segera Anda tindaklanjuti.

Setelah pendaftaran Anda terverifikasi, maka Anda dapat langsung login di aplikasi MyJNE dengan menggunakan nomor HP dan kata sandi yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Aplikasi ini dapat Anda maksimalkan untuk melacak berbagai paket kiriman Anda.

Ada empat fitur yang akan Anda temui di aplikasi ini yaitu:

  • My Shipment: fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengecek paket dengan menggunakan nomor resi pengiriman. Anda tinggal memasukkan nomor resi di kolom yang tersedia di bagian “Search Airwaybill” dan status pengiriman paket Anda akan ditampilkan secara lengkap di layar.
    Anda juga dapat melacak pengiriman dengan cara menyorot barcode yang ada di resi pengiriman Anda. Pastikan bahwa gawai Anda mendukung sistem scan barcode. Setelah scanning berhasil maka hasilnya akan muncul di tampilan layar telepon genggam Anda.
  • My Tariff: fitur ini digunakan untuk mengecek JNE tarif atau ongkos pengiriman dengan menggunakan jasa kurir JNE. Anda tinggal memasukkan nama kota asal, kota tujuan pengiriman beserta berat paket yang akan dikirim di kolom yang tersedia.
    Maka akan muncul tampilan ongkir untuk masing-masing pengiriman JNE (OKE, REG, YES) berikut perkiraan waktu pengiriman sampai ke tujuan
  • My Location: fitur ini membantu Anda mencari dan menemukan konter JNE atau lokasi pengiriman JNE terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Pastikan bahwa Anda mengaktifkan fitur GPS yang ada di telepon pintar Anda.
  • My COD: fitur ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki toko online atau usaha kecil yang melayani penjualan dengan sistem pembayaran COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat.
  1. Melalui Laman Resmi JNE

Untuk melacak kiriman JNE, Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi dari kurir JNE di www.jne.co.id. Setelah laman terbuka lakukan hal-hal berikut untuk melacak paket kiriman Anda:

  • Cari kolom “Lacak Kiriman” yang ada di bagian kiri bawah tampilan.
  • Masukkan no resi pengiriman paket Anda di kolom yang tersedia.
  • Klik icon “tracking” berwarna hijau di sebelah kolom untuk memasukkan nomor resi.
  • Jika muncul kode captcha, ketik di kolom yang tersedia sesuai dengan kode yang terpampang di tampilan layar Anda.
  • Akan muncul tampilan yang berisi history dari pengiriman paket Anda dimulai dari tempat asal paket didaftarkan.
  • Jika paket Anda sudah sampai atau diterima, maka pada tampilan hasil pencarian akan ada notifikasi di baris paling atas yang menyebutkan bahwa paket sudah diterima (delivered). Nama penerima paket akan tertulis pada hasil pencarian tersebut.
  1. Bertanya Melalui Customer Service JNE

Dalam hal ini Anda dapat melakukan pelacakan paket dengan menelepon Layanan Pelanggan yang disediakan oleh pihak JNE. Selain menelepon, Anda juga dapat menghubungi CS JNE melalui email atau live chat. Pastikan bahwa Anda selalu menyiapkan nomor resi dari pengiriman paket Anda untuk mempermudah pihak Customer Service membantu melacak kiriman JNE Anda.

  1. Datang Langsung ke Kantor JNE

Jika Anda terkendala dengan pulsa maupun kuota, sementara kantor JNE berada tidak jauh dari lokasi tempat Anda tinggal, tidak ada salahnya bagi Anda untuk datang langsung ke kantor tersebut dalam melacak pengiriman JNE Anda. Pastikan Anda membawa serta resi pengiriman atau mengingat nomornya untuk mempermudah petugas dalam mengecek paket Anda.

  1. Menggunakan Website Pelacak Paket

Maraknya transaksi yang dilakukan secara online, membuka peluang untuk munculnya banyak jasa kurir pengiriman seperti JNE. Kini pilihan kurir untuk mengirim barang makin beragam dan dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Dalam hal ini, Anda juga perlu untuk  melakukan pelacakan pengiriman paket Anda.

Cara melacak paket Tiki, Pos, Wahana, JNT, Sicepat dan lainnya dapat dengan mudah Anda lakukan di beberapa laman yang khusus dibuat untuk melacak paket. Berikut beberapa nama laman ternama yang dapat Anda maksimalkan dalam melacak paket kiriman Anda dengan menggunakan kurir JNE dan kurir yang lain:

Cara melacak paket pengiriman menggunakan berbagai laman di atas sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengunjungi masing-masing laman tersebut dan memasukkan nomor resi pengiriman Anda.

Kemudian Anda pilih kurir yang Anda gunakan untuk pengiriman tersebut lalu klik icon “Cek Resi” atau “Lacak” atau perintah lain pada laman tersebut.  Maka Anda akan segera melihat tampilan hasil pelacakan Anda tersebut sesuai dengan posisi dan status terkini paket. Mudah, bukan?

Semoga informasi mengenai cara melacak paket JNE, J&T, POS, TIKI dengan Cepat dan Mudah di atas dapat membawa manfaat bagi Anda. Semoga dengan semua keterangan yang sudah diulas di artikel di atas, Anda kini dapat dengan mudah melacak paket kiriman Anda dari berbagai kurir pengiriman yang Anda pilih.

Tinggalkan sebuah Komentar

Copyright © 2020. All Rights Reserved. Seputar.id